image
14 Januari 2018 | Rileks

Teror Perjalanan Liam Neeson

  • Oleh Sofie Dwi Rifayani

Tigakali bekerja sama dengan aktor Liam Neeson mungkin belum cukup bagi sutradara Jaume Collet-Serra. Setelah film Unknown (2011), Non-Stop (2014), dan Run All Night (2015), tahun ini keduanya kembali berkolaborasi.

Film teranyar itu ialah The Commuter. Tayang per 12 Januari ini, Collet-Serra memercayai Neeson sebagai Michael McCauley, sang tokoh utama. Sebelumnya tak ada yang spesial di kehidupan Michael. Suami dari Karen (Elizabeth McGovern) sekaligus ayah dari Danny (Dean-Charles Chapman) ini merupakan karyawan sebuah perusahaan asuransi. Selama sepuluh tahun bekerja, Michael selalu berangkat dan pulang kantor menggunakan kereta.

Rutinitas itu membuatnya kenal, bahkan berteman, dengan para pengguna kereta yang memiliki jadwal serupa dengannya. Suatu hari, Michael dipecat dari perusahaannya. Kondisi itu membuatnya terpukul mengingat sang anak sedang butuh uang untuk biaya pendidikan.

Di perjalanan pulang, seperti biasa ia menggunakan kereta, Michael bertemu seorang wanita misterius bernama Joanna (Vera Farmiga). Pucuk dicinta, Joanna mengimingimingi Michael uang 100 ribu dolar dengan syarat mau menjalankan sebuah tantangan. Lantaran baru saja kena PHK, Michael pun menyanggupi. Aturan mainnya: sebelum kereta berhenti di tujuan akhir, Michael harus menemukan seseorang di dalam kereta tersebut.

Alur Cerita Mirip

Michael, yang semula semangat menjalankan tantangan itu demi uang, mendadak sadar bahwa ia dilibatkan sebagai alat dalam sebuah konspirasi kejahatan. Di sisi lain ia tidak bisa kabur dan wajib menyelesaikan tantangan itu karena nyawanya dan para penumpang kereta jadi taruhannya. Selain Neeson dan Farmiga, The Commuter dibintangi oleh Patrick Wilson (The Conjuring), Jonathan Banks (Mudbound), dan Sam Neill (Jurrasic Park 3). Dari segi cerita, The Commuter mirip dengan film Non-Stop. Film yang disutradarai Collet-Sera itu juga mendapuk Neeson sebagai pemeran utama.

Di film itu Neeson memerankan Bill Marks, salah satu anggota US Air Marshal yang sedang dalam perjalanan pesawat ke London, Inggris. Sejalan dengan The Commuter, pesawat tersebut juga diteror oleh sekelompok orang misterius. Alur cerita serupa juga pernah dimainkan Neeson dalam film sekuel Taken.

Di film tersebut Neeson menjadi Bryan Mills, lelaki yang harus menjalankan misi demi keselamatan keluarganya. Meski jalan ceritanya hampir sama, The Commutertetap sukses menyajikan ketegangan demi ketegangan. Terlebih lagi, film bergenre action-thriller ini terasa begitu dekat dan nyata lantaran mengambil latar sebuah perjalanan di kereta, transportasi yang biasa digunakan untuk beraktivitas harian.

Film berdurasi 105 menit yang skenarionya ditulis oleh Byron Willinger dan kawan-kawan ini juga akan membuat penonton ikut menebak-nebak siapa sebenarnya dalang di balik tantangan misterius tersebut. Meski, para kritikus menyebut The Commuter menampilkan adegan-adegan awal yang terlalu cepat demi bisa segera menyampaikan konflik yang dihadapi. Neeson membocorkan jika The Commuter mungkin jadi film thriller terakhirnya.(63)

SMCETAK TERKINI