13 Januari 2018 | Suara Muria

Pencurian Sapi Kembali Terjadi

REMBANG- Kejadian pencurian sapi di kandang kembali terjadi di Kecamatan Sluke. Kali ini, pencurian terjadi di kadang milik Suhardi, warga Rt 1 Rw 1 Desa Pangkalan Kecamatan Sluke. Dua ekor sapi jenis betina dan jantan milik korban berhasil diembat kawanan pelaku.

Informasi yang dihimpun dari Mapolsek Sluke, peristiwa itu diperkirakan terjadi pada Jumat (12/1) sekitar pukul 01.30 dini hari. Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, pelaku diperkirakan berkelompok dengan jumlah sekitar lima orang.

Kapolsek Sluke, AKP Sunarmin mengungkapkan, kawanan pelaku mendatangi kandang sapi secara berkelompok. Pelaku yang kemungkinan besar sudah mempelajari lokasi, selanjutnya memotong tali pengikat sapi dan menuntunnya melewati jalanan sepi menuju Pantura. Kejadian pencurian, sejatinya sempat diketahui seorang warga desa lainnya bernama Sutrisno.

Ketika itu, saksi yang merupakan warga Desa/Kecamatan Sluke itu sedang menata aliran air di sawah miliknya. Sutrisno melihat sejumlah orang tak dikenal sedang menuntun dua ekor sapi menuju jalan raya. Ia yang merasa ketakutan bersembunyi dan langsung menghubungi warga, termasuk korban.

Korban yang mendapat laporan langsung mengecek kandang dan mendapati dua ekor sapi miliknya sudah raib. ‘’Warga sempat bersamasama menyisir jalanan yang diduga dilintasi kawanan maling. Namun, usaha warga tak membuahkan hasil lantaran jejak pelaku tidak ditemukan. Akhirnya korban melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Sluke,’’ terang Sunarmin.

Ia menyebutkan, berdasarkan informasi dari korban, sapi yang diembat maling itu memiliki ciri-ciri yang jantan berkulit putih terdapat belang hitam, bertanduk pendek, berekor panjang dan berumur sekitar 8 bulan. ‘’Sedangkan sapi yang betina memiliki ciri kulit putih, bertanduk panjang, indukan, berekor panjang serta berumur sekitar 2 tahun.

Akibat kejadian ini korban mengalami kerugian sekitar Rp 20 juta,’’imbuhnya. Pencurian sapi di kawasan Kecamatan Sluke bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, pencurian juga terjadi di Desa/Kecamatan Sluke, November 2017 lalu. Saat itu, tiga ekor sapi diembat pencuri.

Ada dugaan kawanan pelaku sengaja menunggu hari pasaran hewan dalam menjalankan aksinya. Untuk diketahui, Jumat merupakan hari pasaran hewan di Kecamatan Jatirogo Tuban yang berbatasan langsung dengan Rembang.(lee-35)

SMCETAK TERKINI