image

Foto: Arsenal.com

15 Februari 2018 | 04:10 WIB | Liga Champions-Europa

Demi Liga Champions, Arsenal Wajib Juarai Liga Europa

LONDON, suaramerdeka.com- Eks pesepakbola Ian Wright menilai kans Arsenal menuju Liga Champions hanyalah dengan menjuarai Liga Europa. Dia menyebut, kans finis di empat besar untuk Arsenal sudah tertutup.

"Kompetisi yang benar-benar harus mereka menangi adalah Liga Europa. Ini bisa jadi satu-satunya jalan bagi pasukan Arsene Wenger untuk ke Liga Champions. Posisi keempat di Premier League sekarang terlihat mustahil untuk Wenger. Kekalahan 0-1 di hari Sabtu dari Spurs memupus harapan," tulis Wright dalam kolomnya di The Sun seperti dikutip Daily Mail.

Akhir pekan lalu, upaya Arsenal untuk mendekati empat besar mendapat pukulan akhir usai kalah 0-1 kala menjalani laga derby London Utara melawan Tottenham Hotspur di Stadion Wembley. Kekalahan itu membuat Arsenal tertahan di peringkat enam klasemen Premier League dengan 45 poin dari 27 pertandingan, tertinggal delapan poin dari Chelsea yang ada di posisi keempat.

"Untuk mengejar selisih delapan poin dengan selisih gol yang inferior --dan hanya dengan 11 laga tersisa-- akan jadi prestasi luar biasa. Ketika Anda mempertimbangkan kesalahan di lini belakang yang terus terjadi, saya tidak bisa melihat Arsenal terhindar dari kekalahan."

Wenger yang melihat performa inkonsisten Arsenal serta selisih gol yang tak terlalu baik (+15), finis empat besar akan sulit. Maka Arsenal harus menjuarai Liga Europa untuk merebut tiket ke Liga Champions.

"Mereka sepertinya tidak belajar atau membaik dan itu benar-benar bikin frustrasi. Gooners bersemangat --bisa dipahami-- dengan kedatangan Pierre-Emerick Aubameyang dan Henrikh Mkhitaryan, ditambah menang telak 5-1 atas Everton. Tapi laga melawan Spurs menyoroti kelemahan yang sama. Saya tidak melihat Arsenal membaik."

Di babak 32 besar Liga Europa, Arsenal akan menghadapi klub Swedia Ostersund. Arsenal akan tandang ke markas Ostersund di leg pertama pada 15 Februari sebelum gantian jadi tuan rumah di leg kedua pada 22 Februari.

 

(Andika Primasiwi /DS /CN26 )