image

Foto: suaramerdeka.com/Setiady Dwi

13 Februari 2018 | 20:30 WIB | Pilkada Serentak

RK-Uu dan 2DM Masih Dominan di Survei

BANDUNG,suaramerdeka.com- Duet Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum unggul jauh dibandingkan tiga kompetitornya pada Pilgub Jabar 2018 berdasarkan hasil survei terbaru Indo Barometer yang dirilis Selasa (13/2) di Bandung. Elektabilitas Rindu mencapai 44.8 persen sedangkan duo 2DM berada di angka  27,9. Dua pasangan ini diperkirakan bakal mewarnai tensi persaingan.

Pasalnya, dua pasangan yang diperkirakan memberikan tekanan yakni pasangan Hasanuddin-Anton Charliyan hanya mendapat dukungan 1 persen, dan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu sekitar 0.9 persen.

Posisi RK-Uu dan 2DM jauh di atas Sudrajat-Syaikhu dan Hasan - Anton. Hal ini disebabkan karena pengenalan dan kesukaan pada 2 paslon ini yang masih di bawah paslon lain.

"Meski demikian, satu hal yang perlu diperhatikan adalah kalangam yan belum memutuskan dukungan mencapai 25,4 persen," tandas Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari.

Dengan kondisi tersebut, Pilgub Jabar masih terlalu dini dikatakan berakhir. Terlebih masih ada waktu 4 bulan sebelum pencoblosan. Dalam waktu 4 bulan tersebut perubahan dukungan dan perilaku pemilih, tegasnya, masih bisa terjadi.

Survei sendiri dilaksanakan di wilayah Provinsi Jabar pada tanggal 20 – 23 Januari 2018. Jumlah respondennya sebanyak 800 orang dengan margin of error plus minus 3.46 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Metodologi yang digunakan adalah multistage random sample dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

(Setiady Dwi /SMNetwork /CN38 )

NEWS TERKINI