image

HUJAN LEBAT: Seorang warga mengamankan sepeda motornya saat terjadi hujan lebat di wilayah Jalan Piere Tendean Magelang. (Foto: suaramerdeka.com/Asef Amani)

24 Januari 2018 | 17:50 WIB | Suara Kedu

Hujan Es Landa Sebagian Magelang

MAGELANG, suaramerdeka.com– Peristiwa langka berupa hujan es terjadi di sebagian wilayah Kota dan Kabupaten Magelang, utamanya sekitar Kelurahan Tidar Selatan dan Desa Mertoyudan, Rabu (24/1). Hal ini terjadi sesaat sebelum turun hujan lebat pada sekitar pukul 13.15 WIB dengan lama waktu sekitar 7-10 menit.

Kejadian ini sontak membuat warga terkejut dan tidak sedikit yang keluar ruangan untuk menyaksikan fenomena ini. Seperti dialami segenap murid MAN Kabupaten Magelang di Jalan Sunan Bonang, Kampung Karet, Jurangombo Selatan Kota Magelang atau lebih dikenal dengan MAN Karet.

“Benar mas, ada hujan es sekitar 10 menit sebelum turun hujan lebat. Ukurannya kecil-kecil, tapi banyak dan suaranya cukup keras. Sehingga, seisi sekolah terkejut dan pada keluar ruangan,” ujar Fadholi, salah satu guru MAN Karet.

Dia menuturkan, kejadian ini cukup membuat warga sekolah geger dan keluar untuk melihat langsung bentuk es yang jatuh dari langit itu. Setelah dilihat, ukurannya lumayan dan jika terkena kepala bisa terasa sakit.

“Awalnya kami tidak percaya kalau hujan yang turun berupa es, tapi ternyata benar setelah kami melihat dengan mata kepala sendiri bongkahan es di tanah. Kecil sih, tapi kalau kena kepala bisa ngilu,” katanya.

Senada disampaikan Agus Hadi, warga Kecamatan Mertoyudan yang kebetulan melintas di sekitar Jalan Sarwo Edhie Wibowo Magelang. Jalan ini merupakan pembatas dua wilayah antara Kota Magelang sisi selatan dan Kabupaten Magelang.

Agus yang juga seorang jurnalis ini mengaku, peristiwa hujan es ini terjadi saat hujan turun deras. Ia yang kala itu melintas di jalan terkejut dengan jatuhnya air hujan yang terasa tidak biasa.

Meski tidak berlangsung lama, tapi kondisi ini sempat membuat heboh pegawai di lingkungan Pemkot Magelang.

“Ada yang merasa tidak percaya, tapi nyatanya benar ada hujan es. Tidak sedikit juga yang mengabadikannya dengan kamera,” ungkapnya

(Asef Amani /SMNetwork /CN41 )