image

foto ilustrasi: istimewa

13 Januari 2018 | 21:20 WIB | Suara Kedu

Mahasiswa Unisa Ajak Peduli Lingkungan

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com- Mahasiswa program studi Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitas `Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta melakukan pengabdian masyarakat di SMP Muhammadiyah 2 Gamping, Jumat (12/1). Bentuk pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh para mahasiswa TLM berupa edukasi tanaman Bioreduktor Timbal (PB) udara puring (Codiaeum Variegatum) hidroponik dengan wadah tanam limbah botol plastik. Menurut dosen TLM Unisa Yogyakarta Putra Adi Irawan, kegiatan edukasi ini bertujuan untuk memperkenalkan kesadaran menjaga lingkungan sejak dini kepada siswa SMP Muhammadiyah 2 Gamping.

Edukasi ini menyasar seluruh siswa kelas VIII dan kelas IX. "Manfaat dari menanam tumbuhan hidpronik dengan memanfaatkan limbah botol plastik bekas, bisa mengurangi polusi udara dan menjaga lingkungan kita tetap bersih dan hijau," katanya.

Sementara itu, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Gamping, Muhammad Bakhrun Widodo menyatakan, sambutan baik atas kegiatan ini. Diharapkan edukasi ini bisa memberikan kesadaran kepada anak didik agar lebih peduli kepada lingkungan. "Semoga siswa mampu mempraktikkan paparan yang disampaikan para mahasiswa Unisa di lingkungan sekolah. Mereka juga bisa merasakan manfaat dari hasil karyanya sendiri," ungkap Bakhrun.

(Amelia Hapsari /SMNetwork /CN40 )