image

Foto :suaramerdeka.com /Cun Cahya 

13 Januari 2018 | 03:59 WIB | Ekonomi dan Bisnis

Pasar Properti 2018 di Semarang Diharapkan Kembali Bergairah

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dibukanya pameran Property Semarang Expo yang pertama di tahun 2018 diharapkan mampu menghasilkan tingkat penjualan yang lebih baik dari 2017. 

Pameran yang dilaksanakan di Mal Paragon dari tanggal 10-21 Januari 2018 ini diikuti oleh 11 pengembang menengah dan menengah atas. 

Wibowo Tedjosukmono Wakil Ketua Property Semarang Expo mengatakan selama 2017 pencapaian total penjualan adalah 407 unit, jauh dibawah target 700 unit. 

"Jadi tahun lalu hanya 60 persen saja dan di pameran pertama ini ditargetkan 70 unit dan mudah-mudahan bisa tercapai," katanya. 

Untuk meningkatkan penjualan, lanjut Wibowo beberapa pengembang telah memberikan promo untuk menarik konsumen salah satunya menawarkan suku bunga 3 persen dan fix 2 tahun. 

Menurutnya, saat ini kebijakan pemerintah  juga sangat mendukung sektor properti dimana suku bunga 6,5 persen fix 3 tahun dan bunga 6,99 persen fix 5 tahun. 

"Ini kebijakan pemerintah yang bagus turun lagi bunganya SBI turun ke 5 poin saaat ini 5 poin 35 dan mudah-mudahan bisa membuat suasana properti lebih bergairah," harapnya. 

Wibowo menjelaskan tren grafik penjualan properti saat awal tahun di Januari Februari akan mengalami kenaikan dan menurun di Mei Juni dikarenakan adanya puasa dan kenaikan sekolah.  Agustus September akan naik lagi dan November Desember akan berkurang.  

Wibowo memprediksi tahun politik yang terjadi di 2018 juga  tidak terlalu terpengaruh dan berharap bisa lebih baik.

 

 

(Cun Cahya /SMNetwork /CN39 )