image
30 Januari 2018 | 13:50 WIB | SOULUTION

Ini yang Terjadi Saat Permen Karet Nggak Sengaja Tertelan

EKSPRESI- Mengunyah permen karet bisa mnejadi teman saat kita sedang dilanda kebosanan ya. Tapi pernah nggak saat sedang asik mengunyah permen karet lalu nggak sengaja tertelan?

Nah, ada mitos yang menyebutkan kalau menelan permen karet bisa membuatnya tetap berada di dalam usus selama tujuh tahun sebelum akhirnya dicerna. Bahkan ada yang menceritakan bahwa permen karet yang tertelan bisa membungkus jantung dengan sendirinya. Aduh, apa benar?

Seperti seperti dilansir dari Dailymail, Permen karet sebenarnya terbuat dari karet dasar, pemanis, pewarna dan penambah rasa. Karet dasar yang mudah dicerna biasanya terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier dan lilin.

Pada dasarnya, perut nggak mampu untuk memecah permen karet, berbeda pada makanan lain seperti nasi, ikan, buah, sayur, daging bakal yang mudah dicerna. Tapi sistem pencernaan punya cara khusus buat mengatasi benda-benda aneh yang secara nggak sengaja tertelan,  seperi permen karet.

Usus bakal terus bergerak dan menggerakkan permen karet sampai membuatnya melewati usus dan keluar dari ujung sistem pencernaan. Permen karet berjalan bersama dengan sisa-sisa makanan lainnya, sampai akhirnya bahan permen karet diekskresikan dari dalam tubuh, melalui proses BAB.

Nggak hanya itu saja, air ludah juga punya peran dalam membantu mencerna permen karet, setelah permen karet baru dimasukkan ke dalam mulut, tingkat kelengketan permen karet bakal menurun karena air ludah.

Nah, yang dicerna dari permen karet kebanyakan adalah pemanis dan tambahan lainnya, tapi nggak sedikit juga bahan dasarnya yang juga ikut dicerna. Saat permen karet turun ke otot perut, akan bergerak seperti gerakan cacing tanah, setelah itu secara perlahan dipaksa untuk melewati sistem pencernaan.

Ingat ya, permen karet yang tertelan bisa berbahaya serius kalau tertelan dalam jumlah banyak, atau dalam ukuran yang besar secara bersamaan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan penyumbatan dalam sistem pencernaan lho. Hi seram!

Lalu apa yang harus dilakukan bila tidak sengaja menelan permen karet? Segera minum air putih yang banyak. Hal ini bisa menghindari biar permen karet nggak menutup kerongkongan yang menyebabkan tersedak.

Ada cara lain, yaitu untuk cepat mengeluarkan permen karet dari tubuh, juga bisa dibantu dengan makanan. Makanan bakal membantu mendorong permen karet sehingga gerakan peristaltik dari usus semakin cepat mengeluarkannya dari tubuh.

Foto: berbagaisumber

 

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )